0

Racikan Kopi

Monday, July 11, 2016
Share this Article on :
1. ESPRESSO



   Esprosso ditemukan oleh Luigi Bezzera pada tahun 1901dari Italia. Espresso adalah kopi yang disajikan secara cepat kepada pembeli.
    Espresso dihasilkan dengan cara ekstraksi biji kopi yang sudah melalui proses penggilingan. Espresso dibuat dengan mesin brewing khusus, biji kopi yang sudah digiling diletakkan didalam mesin kemudian air dialirkan dengan tekanan yang sangat tinggi, ekstraksi kopi yang sudah digiling keluar bersama air dari lubang kecil mesin disajikan dengan kegelas kecil dan espresso siap disajikan. 

2. AMERICANO 


Americano adalah kopi yang dibuat dari espresso dengan dicampurkan dengan air panas, racikan espresso sangat kuat sehingga dibutuhkan tambahan air untuk membuatnya lebih encer, sebagian orang tidak tahan dengan efek kopi yang sangat kuat. Americano bisa menjadi salah satu pilihan.







3. Cappucino


    Cappucino merupakan racikan kopi yang sangat populer didunia, koposisi cappucino terdiri dari espresso, susu (steamed milk). Cappucino membutuhkan espresso sepertiganya, racikan kopi ini mempunyai ciri khas dengan busa atau foam setebel 2 cm pada bagian permukaan. Cappucino adalah jenis yang paling sulit dihidangkan dengan benar dengan sensasi halus serta gurih, seringkali cappucino menjadi pilihan yang ringan karena kandungan susu didalamnya.


 4. Mocchacino / Cafe Mocha


Café Mocha yaitu nama lain dari mochacinno Dibuat dari espresso dan coklat panas (harus sangat kuat dan pekat), kemudian diberi susu panas berbuih. Di atasnya ditambah bubuk coklat, kayu manis dan whipped cream.







 5. Coffe Latte


       Caffè Latte ditemukan bukan di Italia, adalah resep kopi yang populer di Amerika. Latte berasal dari bahasa Italia yang artinya susu. Jadi jika anda memesan latte di kafe-kafe Italia, anda akan mendapatkan segelas susu. Caffè latte (untuk membedakan dengan susu murni), terdiri atas sepertiga espresso dan dua per tiga susu, ditambah sedikit foam setebal 5-10 mm di atasnya. Minuman ini mungkin cukup disebut ‘kopi susu’ di Indonesia. Di Prancis namanya café au lait. Di Spanyol namanya café con leche. Dan di Portugal namanya café com leite.




 6. Macchiato



   Macchiato adalah espresso ditambah sedikit susu (steamed milk) yang tidak diaduk namun terkesan seperti ‘diendapkan’ di bagian atas espresso agar melapisinya (karena jumlahnya yang sedikit). Berbeda dengan cappuccino yang memang merupakan campuran espresso dan susu, pada macchiato susu berfungsi untuk melapisi espresso dari udara terbuka dengan takaran tipis. Selain sejumlah kecil susu (steamed milk), kadang digunakan milk foam. Hal ini untuk menandai bahwa kopi tersebut mengandung susu. Macchiato ini punya nama lengkap espresso macchiato.


 7. Flat White
     
Flat White ini berasal dari Australia dan New Zealand. Disajikan dengan tambahan steamed milk di bagian bawah pitcher ke single atau double espresso. Mirip dengan Latte.





Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment